Pentingnya Kesadaran Masyarakat untuk Tekan Stunting

 Parlemen

Mainar Puspa Sari, Anggota DPRD Sintang

SINTANG RK – Guna menanggulangi persoalan stunting di Kabupaten Sintang tak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya saja. Tapi dibutuhkan peran semua pihak, termasuk masyarakatnya.

Karenanya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari menilai perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk menanggulangi dan menekan angka stunting di kabupaten ini.

“Artinya, kesadaran masyarakat penting ya, untuk sama-sama menekan angka stunting ini,” kata srikandi DPRD Sintang ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung Parlemen Sintang ¬†baru-baru ini.

Selain itu, Politisi Partai Demokrat menyarankan agar semua pihak terkait dapat lebih efektif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya soal stunting.

Ihwal ini, menurut Mainar Puspa Sari, penting untuk dilakukan, sehingga masyarakan dapat selalu menjaga dan memperhtikan kesehatannya, terutama pada ibu dalam masa kehamilan.

“Dengan menerapkan pola hidup sehat yang didukung dengan makanan bergizi, sehingga persoalan stunting ini dapat dicegah sejak dini,” kata Mainar Puspas Sari menyarankan.

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya, kata Mainar Puspa Sari, sejauh ini sudah baik. Namun upaya ini mesti lebih masif lagi, sehingga apa yang menjadi tujuan utama kita dalam menekan angka stunting di kabupaten ini dapat tercapai dengan baik.

“Saya rasa upaya yang dilakukan sudah baik ya, tapi harus lebih intens dan masif lagi, terutama pada edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat kita, agar mereka benar-benar memahami bahwa dampak yang ditimbulkan pada stunting ini,” tutur Mainar Puspa Sari.

Olehkarenanya, Mainar Puspa Sari mengajak masyarakat, khususnya pada ibu dalam masa kehamilan dapat menjaga dan merawat bayi dalam kandungannya agar tetap dalam kondisi sehat.

Caranya, kata Mainar Puspa Sari, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala, baik itu di Puskesmas, Pustu maupun pelayanan Posyandu di daerahnya masing-masing.

“Kami harap ini dapat dilakukan masyarakat kita, sehingga upaya pemerintah dalam menekan angka stuting ini dapat berjalan dengan efektif,” pungkas Mainar Puspa Sari, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)

Related Posts