Kayan Hulu Dinilai Banyak Potensi Seni Budaya

 Parlemen

SINTANG, RK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia mengungkapkan bahwa di Kecamatan Kayan Hulu banyak sekali potensi seni budaya yang layak untuk dikembangkan dan dipromosikan. Salah satunya kerajinan tangan.

Banyak bentuk kerajinan tangan berupa anyaman dan ukiran yang diproduksi masyarakat setempat namun belum terlalu bernilai ekonomis. Hasil produksi masih untuk dipakai sendiri. Padahalkan kalau dioptimalkan bisa menguntungkan.

Ia menilai, seharusnya potensi ini tidak hanya menjadi ekspresi nilai budaya saja, tetapi juga punya nilai ekonomi sehingga mampu memenuhi tuntutan zaman dengan membuka peluang usaha.

“Kerajinan tangan ini sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan dan dipromosikan. Karena memiliki daya jual tinggi. Sayangnya belum terekspose dengan baik dari segala event yang ada di Kabupaten Sintang,” kata Anas.

Dengan adanya potensi ini, Anastasia bertekad membuka lapangan pekerjaan untuk anak-anak muda, khususnya di Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu.

“Kendalanya selama ini adalah masyarakat bisa membuat produk tapi sulit memasarkannya. Ada barang promosi-nya yang minim. Nah, ini yang harus kita pikirkan sama-sama,” jelasnya.

Ia menyebut, dibeberapa expo pembangunan juga, barang dari daerah kayan hilir dan kayan hulu tidak pernah ditampilkan. Padahal banyak hal menarik dan memiliki nilai jualnya.

“Oleh karena itu, saya mendorong anak muda kita untuk bisa bersaing di tingkat kabupaten maupun nasional dalam menggali potensi yang ada,” ungkapnya.

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini mengajak seluruh instansi terkait agar dapat membuat terobosan dan inovasi baru untuk menyelematkan anak muda dari stigma “pengangguran,”.

“Kalau kita ingin benar-benar serius menyelamatkan generasi muda kita dari pengangguran. Ayo bersinergi, sama-sama kita ciptakan inovasi untuk lapangan kerja baru bagi anak muda kita khusunya di Bumi Senentang,” tukasnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan