Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Desa

 Parlemen

Jeffray Edward

SINTANG – Di tengah derasnya arus perkembangan teknologi digitalisasi, banyak informasi beredar yang tidak susuai dengan fakta di lapangan atau informasi bohong (hoaks) di kalangan masyarakat.

Tak jarang informasi yang tak terverifikasi kebenarannya tersebut membuat kegaduhan di kalangan publik, bahkan menimbulkan disintegrasi bangsa.

Apalagi, kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, pada masa pandemi Covid-19 lalu, banyak informasi hoaks beredar. Mulai dari vaksin hingga pemerintahan.

Karenanya, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengajak seluruh komponen masyarakat di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” untuk meningkatkan literasi digital. Tujuannya agar masyarakat dinilai lebih cerdas dalam memilah suatu informasi.

“Literasi digital dapat kita artikan sebagai wadah kecakapan dalam menggunakan media sosial atau medsos dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Untuk itu, masyarakat harus mampu menguasai literasi digital, sehingga tidak menjadi produsen informasi hoaks,” ungkap Jeffray Edward ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Untuk menghadapi fenomena tersebut, Jeffray Edward mendorong pemerintah daerah melalui Diskominfo Sintang untuk menggalakkan kembali literasi digital guna menekan informasi hoaks di kalangan masyarakat.

Bila masyarakat termakan dengan informasi hoaks, maka dampak gang ditimbulkan menurutnya akan lebih luas. “Karena bisa menimbulkan perpecahan satu dengan lainnya,” kata Jeffray Edward.

Literasi digital, kata Jeffray Edward, penting untuk dipahami dan dimengerti oleh seluruh komponen masyarakat. Untuk itu, dirinya menyarankan pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya agar dapat meningkatkan literasi digital.

“Tingkatkan literasi digital tak hanya pada kawasan perkotaan saja, tapi harus merata hingga ke desa-desa. Hal ini penting untuk menjadi catatan bagi pemerintah. Karena kami tidak ingin masyarakat daerah ini selalu dan selalu termakan dengan informasi hoaks,” pungkas Jeffray Edward, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan