Santosa Ungkap Pentingnya Pembinaan Terhadap Kalangan Remaja

 Parlemen

Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa.

SINTANG RK – Kenakalan dan pergaulan bebas kalangan anak muda atau remaja perlu mendapat perhatian dari semua kalangan. Karena hal ini disebabkan minimnya pembinaan dan perhatian terhadap kalangan remaja.

Beberapa contoh yang sering terjadi, seperti aksi perkelahian antar remaja, pergaulan bebas yang mengarah hal negatif, bahkan sampai mengarah pada aksi tindak pidana.

Karenanya, untuk mengantisipasi atau menekan hal tersebut agar tidak terjadi pada kalangan anak muda atau remaja di Kabupaten Sintang. Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa menilai peran penting tiap orang tua dalam mengawasi kembang tumbuh anaknya masing-masing.

“Kita sadari juga bahwa orang tua memiliki kesibukan masing-masing, terutama pada soal pekerjaan mereka. Namun, pembinaan dan perhatian kepada tiap anak-anaknya harus menjadi perhatian nomor satu. Sehingga anak tidak menjadi korban pengaruh negatif pada lingkungan sekitar,” ujar Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Pengawasan terhadap perilaku tiap kalangan anak muda tau remaja ini, menurut Santosa, tidak hanya menjadi tanggungjawab orang tua saja, tapi menjadi tanggungjawab semua pihak dan kalangan, termasuk pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya.

“Kami harap pada tiap orang tua agar menegur dan menasehati anak-anaknya bila melakukan berbagai kegiatan yang menyimpang. Berikan alasan mengapa hal ini tidak boleh dilakukan, sehingga dapat berdampak positif bagi tiap anak,” Saran Santosa.

Untuk dinas terkait, seperti Satpol PP diharapkan dapat melakukan patroli rutin, terutama di sejumlah kawasan yang menjadi titik kumpul para kalangan anak muda dan remaja. Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal negatif yang dapat dilakukan oleh mereka.

“Kami minta pengawasan lebih diperketat ya. Mungkin bisa melakukan patroli rutin pasa titik kumpul kalangan anak muda atau remaja kita, ambil tindakan dan lakukan pembinaan terhadap mereka yang kedapatan melalukan hal-hal yang mengarah negatif,” pungkas Santosa, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kayan Hilir – Kecamatan Kayan Hulu ini. (*)

Related Posts