Dorong Pelayanan Publik Sentuh Kawasan Pedalaman

 Parlemen

Kartimia Mawarni, Anggota DPRD Sintang

SINTANG RK – Optimalisasi pelayanan publik hingga menyentuh kawasan pedalaman dinilai perlu untuk dilakukan. Pemerintah didorong agar memperluas ruang pelayanan melalui pembangunan infrastruktur fisik maupun sarana dan prasarana penunjang pelayanan publik.

Dengan kondisi infrastruktur jalan yang masih dalam kategori rusak, tentunya menjadi penghambat bagi masyarakat di kawasan pedalaman untuk mendapatkan pelayanan publik. Karenanya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kartimia Mawarni minta kepada pemerintah daerah untuk membuat suatu terobosan baru sebagai penunjang pelayanan publik hingga ke kawasan pedalaman daerah ini.

“Contoh, masyarakat pedalaman kita seperti di jalur ketungau ya, kondisi jalan yang hancur dan rusak parah bikin mereka kesulitan dalam mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi dan lainnya. Ditambah lagi pelayanan publik masih belum menyentuh kawasan pedalaman,” ungkap Kartimia Mawarni ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Srikandi DPRD Sintang mencontohkan, seperti halnya pelayanan publik yang masih terkendala bagi masyarakat pedalaman, khususnya di jalur ketungau saat ini. Yakni pembayaran pajak kendaraan bermotor. Akibat jauhnya jarak tempat tinggal dengan kantor samsat membuat masyarakat menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak kendaraan.

Padahal, lanjut Kartimia Mawarni, pajak kendaraan ini penting dan merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang mesti dioptimalkan untuk pembangunan daerah.

“Kami harap pelayanan publik dalam hal ini dapat ditingkatkan lagi lah ya. Bukanya masyarakat kita tidak sadar kewajibannya, tapi jarak dan rusaknya infrastruktur jalan yang menjadi penyebab utama masyarakat malas untuk menunaikan kewajibannya,” terang Kartimia Mawarni.

Olehkarenanya, Kartimia Mawarni mendorong pemerintah untuk membangun unit pelaksana teknis terintegrasi di sejumlah daerah yang dari pelayanan samsat. Dengan begitu, memudahkan masyarakat dalam menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak kendaraan.

“Tidak hanya itu, kami juga sarankan agar pemerintah dapat meningkatkan pelayanan publik lainya, seperti administrasi kependudukan, kesehatan, pendidikan dan lainnya yang memang dibutuhkan masyarakat, khususnya di kawasan pedalaman daerah kita ini,” pungkas Kartimia Mawarni, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan