Permanenkan Jembatan Secara Bertahap

 Parlemen

Ketua Komisi B DPRD Sintang, Hikman Sudirman.

SINTANG, RK – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman mendorong pemerintah daerah mempermanenkan jembatan secara bertahap.

Ikhwal tersebut bukannya tanpa alasan, sebab saat ini masih banyak jembatan kayu yang sudah rusak tapi masih dimanfaatkan.

“Rata-rata Jembatan kayu yang ada itu sudah rusak. Tidak aman lagi digunakan. Kita minta jembatan kayu harus diganti dengan bahan beton atau baja supaya aman dan masa pakainya lebih lama,” pinta Sudirman.

Ia menilai, banyak sekali jembatan kayu di Kabupaten Sintang yang kondisinya sudah rusak parah dan butuh penanganan. Meski rusak Jembatan tersebut terpaksa dimanfaatkan warga karena tidak ada alternatif lain.

”Saya sangat yakin masyarakat yang melewati jembatan rusak sangat was-was tapi mereka tidak punya pilihan lain selain berharap jembatan tersebut diperbaiki dengan kualitas yang lebih baik,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar segera mengatasi persoalan tersebut secara bertahap sebab jembatan kayu di Kabupaten Sintang jumlahnya cukup banyak.

“Tentu ini tidak bisa semuanya sekaligus tapi jembatan kayu yang sudah benar-benar rusak parah harus segera ditangani kalau dapat jangan lagi pakai bahan kayu karena mudah lapuk dan masa pakainya tidak lama,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini menyebut jembatan kayu yang rusak ringan harus segera diperbaiki supaya lebih aman.

“Tapi kedepan tetap harus diganti dengan yang permanen. Penanganan itu harus mulai dilakukan secara bertahap sampai semua jembatan yang ada ini sudah permanen,” tuturnya.

Satu diantara warga Sintang, Dimu Muhtar menyampaikan salah satu jembatan rusak yang perlu segera ditangani pemerintah daerah yaitu yang berada di Jalan Poros arah ke ketungau.

“Jembatan tersebut sudah lama rusak namun belum ada tindak lanjut dari pemerintah. Sebenarnya sudah sangat tidak layak digunakan lagi bahkan hampir kami bakar, jadi janji pemerintah soal Avanza masuk desa itu mana sih,” pungkasnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan