Pentingnya Guru dan Orangtua Tanamkan Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

 Parlemen

Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono.

SINTANG RK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengingatkan kepada satuan pendidikan dan ruang lingkup keluarga agar memperkuat kembali pendidikan karakter pada tiap anak.

Menurut Senen Maryono, pendidikan karakter pada anak penting untuk dilakukan guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang tangguh, berakhlak, mulia, jujur, bermoral, dan memiliki toleransi tinggi serta dapat bekerjasama dan bergotong royong.

“Pesan kami, karakter pada tiap anak harus tetap dibangun, sehingga tidak memiliki perilaku yang menyimpang ketika mereka beranjak dewasa nantinya. Ini sangat penting untuk diperhatikan,” kata Senen Maryono ketila dotemui Radarkalimantan.com di Gedung DPRD Sontang, baru-baru ini.

Karakter, kata Senen Maryono, memiliki nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau keperibadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap, dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjut Senen Maryono mengatakan bahwa tak sedikit anak berperilaku menyimpang ketika beranjak dewasa, hal itu disebabkan karena anak tersebut tidak memiliki karakter yang kuat dalam dirinya.

“Karena minimnya pendidikan karakter anak, maka hal-hal menyimpang itu bisa terjadi. Contoh ya, perilaku LGBT, inikan perilaku menyimpang yang disebabkan minimnya penendikan karakter yang ditanamkan pada tiap anak sejak usia dini,” ucap Senen Maryono.

Kendati demikian, Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) berharap ke depannya baik itu guru maupun orang tua dalam ruang lingkup keluarga agar tidak mengabaikan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan karakter pada anak, sehingga ke depannya meraka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki karakter kuat dan menjalani kehidupan normal.

“Pendidikan karakter ini untuk mendidik anak yang notabene merupakan generasi penerus agar memiliki karakter yang kuat, sehingga dapat berguna bagi keluarga, negara, bangsa, dan daerah. Jadi, jangan sekali-kali kita mengabaikan pendidikan karakter pada tiap anak, karena hal ini akan mempengaruhi kehidupan anak ke depannya,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan