Legislator Santosa Ingatkan Pentingnya Dokumen Adminduk

 Parlemen

Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa.

SINTANG RK – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabulaten Sintang, Santosa mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat di kabupaten ini, agar tertib administrasi kependudukan atau Adminduk.

Sebab Adminduk, menurut Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), memiliki peranan penting, terutama dalam hal yang berkaitan dengan program dan kebijakan pemerintahan.

Karenanya, Santosa minta agar masyarakat dapat tertib Adminduk. Misalnya mengantongi kartu tanda penduduk atau KTP, kartu keluarga atau KK, kartu indentitas anak atau KIA.

“Apabila masyarakat tidak tertib Adminduk, maka akan kesulitan untuk berurusan, karena Adminduk menjadi syarat utama untuk dalam segala urusan saat ini. Contoh buka rekening bank ya, tentunya hal yang paling utama diminta pihak bank adalah KTP dan KK. Artinya Adminduk memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehar-hari,” ungkap Santosa kepada Radarkalimantan.com ketika ditemui di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Kelengkapan Adminduk seperti KTP dan KK, menurut Santosa, sangat penting digunakan, bila ada pendataan terhadap warga sekaligus mempermudah instansi terkait untuk menyalurkan sejumlah bantuan pemerintah sehingga dapat tepat sasaran dan peruntukannya.

“Jadi, kalau ada program atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dapat terealisasikan dengan baik. Untuk itu, Adminduk penting untuk dimiliki bagi tiap warga negara Indonesia, termasuk di Kabupaten Sintang ini,” ujar Santosa.

Selain itu, Senator Santosa mengapresiasi langkah instansi terkait dalam melakukan sistem jemput bola pada perekaman e-KTP, khususnya di kawasan pedalaman dan perbatasan daerah ini. Karenanya, dia berharap masyarakat dapat mendukung dan mensukseskan sistem jemput bola yang telah dilakukan pemerintah daerah, agar masyarakat mengantongi kelengkapan Adminduk.

“Kalau ada dari instansi atau dinas terkait dalam melakukan sistem jemput bola perekaman data kependudukan, kami sarankan agar kesempatan tersebut tidak dilewatkan, tapi dimanfaatkan dengan baik, karena sistem yang dibangun pemerintah saat ini semakin mudah. Jadi, kami harap masyarakat jangan sampai tidak memiliki KTP dan KK,” pungkas Santosa, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kayan Hilir – Kecamatan Kayan Hulu ini. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan