Dewan Sintang Dorong 391 Desa Dapatkan Tanah Kas Desa

 Parlemen

Wakil Ketua DPRD Sintang, Heri Jambri.

 

SINTANG, RK – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mendorong 391 Desa di Kabupaten Sintang untuk mendapatkan Tanah Kas Desa (TKD) dari Perusahaan.

“Jangankan 15 desa, semua desa di Kabupaten Sintang ini kita dorong dan kita dukung supaya mendapatkan haknya atas tanah kas Desa dari perusahaan perkebunan sawit yang berinvestasi di wilayahnya masing-masing,” ucapnya saat merespon tuntutan 15 Kepala Desa di Kayan Hilir  kepada PT Megasawindo Perkasa.

Ia menilai bahwa investor perkebunan kelapa sawit di Bumi Senentang  ini wajib hukumnya merealisasikan Tanah Kas Desa sesuai dengan Peraturan Bupati Sintang Nomor 39 tahun 2015.

“Tapi faktanya banyak perusahaan yang belum menindaklanjuti peraturan yang dibuat pemerintah daerah tentang tanah kas desa. Kalau perusahaan sawit tidak memberikan Tanah Kas Desa usir saja perusahaan itu. Masyarakat harus lawan,” tegas Heri Jambri.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini merasa aneh, karena pemerintah takut mencabut izin perusahaan yang melanggar.

“Ini ada apa, Berarti ada udang di balik batu. Pemerintah kok takut dengan perusahaan. Sebagai kepala otonom, masa Bupati takut dengan perusahaan. Padahal yang dirugikan adalah rakyatnya sendiri,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Elisa Gultom mengatakan bahwa berdasarkan data per  tanggal 1 Juni 2022 baru 50 persen perusahaan perkebunan di Kabupaten Sintang yang merealisasikan tanah kas desa sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 39 tahun 2015.

“Meski baru mencapai 50 persen seluruh perusahaan perkebunan Kabupaten Sintang sudah memprogramkan tanah kas Desa sesuai dengan yang diatur dalam Perbup. 50 persen tanah kas desa yang sudah terealisasi di Kabupaten Sintang seperti di Kecamatan Sungai tebelian sudah cukup baik. Kemudian di kecamatan Ketungau dan daerah Kayan. Kecamatan Ambalau dan Serawai masih tahap negosiasi,” pungkasnya. (*)

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan