Dewan Desak BPBD Mitigasi Bencana Banjir

 Parlemen

Welbertus, Anggota DPRD Sintang

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus menyarankan pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar melakukan mitigasi untuk mengetahui penyebab terjadinya musibah banjir di kabupaten ini.

Mitigasi, dinilai Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), penting untuk dilakukan pemerintah bersama jajarannya. Dengan begitu dapat mengetahui penyebab dan data pasti terkait musibah banjir, sehingga dapat diambil langkah-langkah antisipasi jangka panjang.

“Kami harap ke depannya mitigasi bencana ini penting ya, sehingga kita bisa tahu apa penyebab banjir. Karena kita harus bisa bicara penanganannya untuk jangka panjang,” kata Welbertus ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung Parlemen Sintang, baru -baru ini.

Musibah banjir yang melanda seluruh bagian wilayah kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang”, kata Welbertus, sudah sering terjadi. Bahkan dipastikannya terjadi tiap tahunnya.

“Contoh tahun kemarin kan kita juga banjir besar, bahkan melumpuhkan semua sektor. Tahun ini juga banjir. Masalahnya apa?. Tentu ini yang harus kita cari tahu bersama, sehingga ada langkah penanganan untuk jangka panjang agar musibah banjir ini tidak kembali berulang,” ungkap Welbertus.

Olehkarenanya, Welbertus minta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat mengambil langkah mitigasi untuk mencari tahu apa penyebab utama musibah banjir di kabupaten ini terjadi.

“Kan BPBD ada. Jadi, lakukan mitigasi apa penyebab banjir terjadi. Apakah memang faktor alam atau memang ada faktor penyebab lainnya. Tentunya ini harus dicari tahu, sehingga kita ke depannya kita bisa mencari solusi. Jangan sampai kondisi ini terjadi berulang, tanpa adanya langkah konkret diambil,” tegas Welbertus.

Kendati demikian, Welbertus mengapresiasi langkah dan upaya yang telah diambil pemerintah daerah memberikan sejumlah bantuan kepada warga terdampak banjir.

“Kami apresiasi langkah yang diambil untuk warga terdampak banjir ini. Karena sebagian besar warga kita dalam kondisi yang tidak stabil akibat ditimpa musibah banjir. Belum lagi mereka tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Jadi, bantuan yang diberikan kepada warga terdampak banjir ini kami nilai sudah tepat ya,” pungkas Welbertus, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan