Tingkatkan Gemar Membaca Alquran pada Anak

 Parlemen

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono.

SINTANG RK – Dalam ajaran agama Islam, membaca Alquran merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi tiap kaum muslimin.

Pembelajaran Alquran sendiri perlu ditanamkan sedari dini agar mampu menjadi pondasi dalam menjalani kehidupan. Sebab, di era perkembangan teknologi informasi saat ini dan serangan gadget pada anak-anak mengakibatkan minat anak untuk belajar Alquran semakin berkurang.

Kondisi inipun sangat disayangkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Karenanya, Politikus Partai Amanat Nasional ini mengajak orang tua agar lebih intens dan masif lagi menanamkan pembelajaran Alquran pada anak, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini Penting, karena dapat menjadi pondasi anak untuk menjalani kehidupan sehari-hari,” ujar Senen Maryono berpendapat.

Sebab, lanjut Senen Maryono, tiap orang tua pasti mendambakan si kecil menjadi anak yang saleh dan saleha juga taat beribadah. Membaca Alquran salah satunya.

Tak hanya pendidikan formal yang didapatkan anak melalui ruang belajar mengajar di sekolah. Tapi, sebagai orang tua juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mengajarkan anak dengan pendidikan agama yang tak kalah penting untuk bekal mereka di dunia dan akhirat.

“Karena pendidikan agama merupakan dasar pembentukan diri anak ke depannya. Maka peran orang tua untuk mengajak dan menanamkan gemar membaca Alquran begitu penting. Karena kami yakin anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berakhlak dan memiliki keimanan dan ketaqwaan yang baik dan benar dalam menjalani kehidupan sehari-harinya,” kata Politikus Partai Amanat Nasional.

Sebagai seorang muslim, lanjut Senen Maryono, tentunya orang tua bisa mengajarkan berbagai macam bentuk aturan hidup maupun ibadah yang harus ditaati anak, salah satunya adalah dengan gemar membaca Alquran atau mengaji.

“Orang tua harus memberikan pemahaman dengan membaca Alquran dimuliakan oleh sang pencipta, menambah ilmu agama, serta mengetahui apa saja perintah dan larangan Allah SWT,” ulas Senen Maryono berpendapat.

Dengan Demikian, kata Sene Maryono, anak akan mudah memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

“Dan pesan saya kepada orang tua agar tidak lupa untuk memberikan apresiasi kepada anak atas pencapaian yang dilakukan serta berikan selalu semangat sehingga anak dapat terpacu untuk gemar membaca Alquran,” pungkas Senen Maryono, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 inj. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan