Lestarikan Tenun Ikat

 Parlemen

SINTANG, RK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Welbertus mengapresiasi terselenggaranya Senentang Fashion Week yang di laksanakan di Taman Entuyut Sintang, Sabtu 14 Agustus 2022.

Ia menilai, Senentang Fashion Week tidak semata untuk fashion saja melainkan membangkitkan kembali para penenun yang ada di Kabupaten Sintang.

“Antusias masyarakat yang ikut Senentang Fashion Week sangat luar biasa. Tenun ikat yang dihasilkan masyarakat kita bisa terserap. Dan ini akan memotivasi mereka untuk terus berkarya memproduksi tenun ikat,” kata Welbertus.

Sintang memiliki warisan tenun ikat yang saat ini sedang marak di kloning oleh pihak luar dan jika hal tersebut dibiarkan terus berlarut maka tenun ikat akan dikuasai orang luar para penenun akan semakin punah karena beralih profesi.

“Jadi kita semua memiliki peranan penting dalam menjaga dan melestarikan tenun ikat serta para penenunnya, sehingga selain menjaga kelestarian warisan budaya tenun ikat, perputaran ekonomi juga akan terjadi di Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Kain tenun dalam perspektif masyarakat Sintang sebagai kain adat yang memiliki makna dan arti dalam tatanan masyarakat adat. Dalam perkembangan budaya modern eksistensi dari kain tenun terus dipertahankan demi memperkuat kebudayaan lokal masyarakat.

“Oleh sebab itu, kain tenun perlu dilestarikan karena bukan sekedar simbolik adat saja. Kain tenun sudah dipromosikan sampai ke mancanegara, karena kain tenun merupakan kain yang langka dan dijadikan sebagai identitas budaya masyarakat,” ungkapnya.

Kain tenun digunakan sebagai bentuk warisan budaya yang perlu dilestarikan namun disisi lainnya kain tenun dari aspek ekonomi sangat bernilai bahkan dijadikan sebagai salah satu usaha bagi sebagian masyarakat.

“Tenun ikat asal Sintang sudah mendunia. Kita tahu saat ini tenun ikat bernilai ekonomis sangat tinggi sehingga harus dilestarikan. Namun kita tidak boleh hanya mendorong masyarakat untuk memproduksinya saja tetapi harus memfasilitasi mereka mempromosikan tenun ikat tersebut,” tukasnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan