Perusahaan Harus Mampu Sejahterakan Masyarakat

 Parlemen

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus.

SINTANG, RK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengatakan bahwa perusahaan harus memberikan kontribusi yang besar dalam mendukung kemajuan pembangunan di daerah terutama dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Ia menilai, masyarakat berhak mendapatkan kesejahteraan dari aktivitas perusahaan yang berada di sekitar mereka. Tak terkecuali di Kabupaten Sintang.

“Sintang ini merupakan salah satu daerah di Kalimantan Barat dengan jumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit cukup banyak. Dengan banyaknya perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berinvestasi di Bumi Senentang ini, sudah seharusnya dampaknya dirasakan bahkan mensejahterakan masyarakat,” ucapnya belum lama ini.

Namun kenyataanya dilapangan, kata Welbertus investasi tersebut kerap kali dikeluhkan masyarakat. Ada yang tidak puas terhadap pembagian plasma. Tak sedikit pula mengeluhkan pola kemitraan yang dinilai banyak memberatkan petani.

“Salah satunya, seperti sejumlah masalah yang sampaikan ke DPRD Sintang saat ini. Ada permasalahan petani dengan Julong Grup Indonesia di Kecamatan Sintang, Kecamatan Kelam Permai serta Kecamatan Dedai. Ada juga keluhan petani plasma dari Ketungau terkait selisih lahan dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) yang merupakan grup Hartono Plantation Indonesia atau HPI Agro yang baru saja dibahas Komisi D DPRD Sintang,” jelas Welbertus.

Oleh sebab itu, Politisi Partai PDI Perjuangan ini berharap, perusahaan yang berinvestasi di Bumi Senentang selain mengejar profit, juga harus melaksanakan investasi dengan sebaik-baiknya, patuh dengan Undang- Undang serta peduli dengan masyarakat.

“Contohnya seperti pemberian Corporate Social Responsibility atau CSR harus benar-benar dilakukan, mengingat itu adalah amanah Undang Undang,” ungkapnya.

Selain itu, perusahaan juga harus peka dengan kebutuhan masyarakat dan berusaha membantunya seperti dengan memperbaiki jalan, membantu sarana ibadah, pemberian bantuan pendidikan maupun bantuan sosial lainnya.

“Hal ini, harus benar-benar dilakukan agar masyarakat merasakan betul dampak positif hadirnya perusahaan. Sehingga perusahaan selain mendapatkan profit juga akan mendapatkan kenyamanan dalam berusaha atau berivestasi di Bumi Sementang,” pungkasnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan