Pendidikan dan Kesehatan jadi Kunci Utama Ciptakan SDM Berkualitas

 Parlemen

SINTANG RK – Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan mengatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah ini masih jauh tertinggal, apalagi kawasan pedalaman dan perbatasan.

“SDM kita masih jauh tertinggal ya, kalau dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya. Pemerintah daerah harus memikirkan hal ini dan memcari solusi konkret agar SDM kita ini dapat meningkat, berkualitas dan berdaya saing,” kata Sandan ketika ditemui Radarkalimantan.com di Gedung DPRD Sintang, baru-baru ini.

Untuk menciptakan atau melahirlan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, menurut Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), hanya ada dua kunci utamanya. Yakni dengan meperhatikan sektor pendidikan dan kesehatan.

“Karena keduanya memiliki keterkaitan dan merupakan hak dasar masyarakat. Artinya, jika SDM-nya sehat dan mendapatkan pendidikan yang layak, maka akan lahir SDM yang berkualitas,” ujar Sandan.

Kedua sektor tersebut, kata Sandan, penting untuk diperhatikan pemerintah daerah, karena hingga saat ini pembangunan pada sektor pendidikan dan kesehatan masih belum optimal, apalagi di kawasan pedalaman dan perbatasan daerah ini.

“Contoh ya, di kawasan pedalaman dan perbatasan. Pendidikan dan kesehatan di sana masih belum merata, baik fasilitas, sarana dan prasarana, ketersedian tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan masih minim. Tentunya ini harus menjadi perhatian kita bersa, bila ingin melahirkan SDM berkualitas,” beber Sandan.

Peningkatan atau melahirkan SDM berkualitas dibutuhkan komitmen serta peran semua pihak, hal ini penting karena akan memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah ini ke depannya di berbagai bidang pembangunan.

“Dengan banyaknya SDM berkualita, maka pembangunan pun akan merata. Terutama generasi muda yang menjadi tumpuan pembangunan selanjutnya. Jadi, apa yang menjadi kunci untuk menciptakan dan melahirkan SDM berkualitas, handal, dan berdaya saing di berbagai bidang harus diperhatikan lah ya. Tentu ini untuk menuju pembangunan yang lebih baik lagi ke depannya,” pungkas Sandan, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Serawai – Kecamatan Amabalau ini. (*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan